ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS IX CSMP SAPTA ANDIKADENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

BORA, PIUS BILI (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS IX CSMP SAPTA ANDIKADENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.439.FKIP.MAT.2022-ABSTRAK.pdf - Other

Download (438kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.439.FKIP.MAT.2022-BAB I & II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.439.FKIP.MAT.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SMP khususnya di SMP Sapta Andika Denpasar meliputi banyak persoalan berupa pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita, namun tidak sedikit siswa yang menemukan kendala atau kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita, sehingga siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis – jenis kesalahan siswa dan faktor – faktor penyebab kesalahan siswa kelas IXC SMP Sapta Andika Denpasar dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan prosedur Newman. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis berupa soal cerita dan wawancara secara online atau video call. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Sapta Andika. Hasil penelitian ini menunjukan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan prosedur Newman, yakni (a) kesalahan membaca dengan persentase 8,955%, (b) kesalahan memahami 14,925%. (c) kesalahan transformasi 14, 925%, (d) kesalahan keterampilan proses 29,850%, (e) kesalahan penulisan jawaban 31,343%. Sedangkan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah tidak dapat memahami soal yang diberikan, kurang teliti, kurang memanfaat waktu yang ada, terburu-buru atau tergesa-gesa, lupa, kurang berlatih mengerjakan soal berbentuk cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/439/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, prosedur Newman
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:59
Last Modified: 27 Jan 2023 02:16
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item
View Item