RAHMADANI, DELA (2022) ANALISIS SIKAP MAHASISWA CALON GURU TERHADAP KONSERVASI MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.190.FKIP.BIO.2022.ABSTRAK.pdf - Other
Download (173kB)
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.190.FKIP.BIO.2022.BAB I & II.pdf - Other
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.190.FKIP.BIO.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Sikap mahasiswa calon guru memiliki peranan yang penting bagi keberadaan konservasi magrove, terutama di Hutan Tahura Ngurah Rai Bali. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sikap mahasiswa calon guru terhadap konservasi magrove sebagai sumber belajar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari sampai Agustus 2021. Tempat penelitian dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar secara daring (dalam jaringan) dengan membagikan link google form yang disebar melalui aplikasi whats app. Jenis penelitian ini kualitatif adalah penelitian yang datanya diperoleh dari berbagai sumber, dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh (Sugiyono, 2018). Sedangkan rancangan yang digunakan diadopsi dari model Miles and Huberman, bila jawaban yang diwawancarai setelah dianalisis belum memuaskan, maka peneliti akan melanjutkan pertanyaan lagi sampai dianggap kredibel. Hasil penelitian angket sikap menunjukkan bahwa perbedaan selisih persentase sikap kognitif, afektif dan behaviour tidak jauh yaitu dari rentang nilai 78,00 % - 81,23%, dimana sikap kognitif dan behaviour memiliki kategori sama berarti sangat baik karena mahasiswa calon guru memiliki pengetahuan yang kreatif dan dapat diterapkan melalui perilaku sehari-hari. Sedangkan sikap afektif memiliki kategori baik karena mahasiswa calon guru memiliki rasa peduli terhadap konservasi magrove. Selain itu didukung juga dari hasil wawancara I, II, dan III menunjukkan bahwa mahasiswa sudah memberikan tanggapan yang mencakup sikap kognitif, afektif, dan behaviour dengan cukup kritis yaitu membahas pemahaman, mengungkapkan perasaan atau emosional dan memaparkan kegiatan atau perilaku yang dapat dilakukan untuk mendukung konservasi magrove sebagai sumber belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa calon guru terhadap konservasi mangrove sebagai sumber belajar adalah baik yang didukung oleh hasil wawancara yang terstruktur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/190/FKIP-BIO/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Mahasiswa Calon Guru, Konservasi Mangrove |
Subjects: | G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email indriyani@unmas.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 04:00 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:49 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/913 |