MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII L SMPN 2 KUTA UTARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

MELLYANI, PUTU CHRISTIN (2022) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII L SMPN 2 KUTA UTARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.435.FKIP.MAT.2022-ABSTRAK.pdf - Other

Download (262kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.435.FKIP.MAT.2022-BAB I & II.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.435.FKIP.MAT.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Adanya pandemic Covid-19 ini berdampak pada aspek pendidikan. Dimana diterapkannya kebijakan pemerintah dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020, untuk melakukan proses pembelajaran dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (daring). Sehingga menyebabkan penurunan prestasi belajar terhadap siswa kelas VI L SMPN 2 Kuta Utara. Hal ini ditunjukkan dari nilai-nilai siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi penerapan metode pembelajaran Blended Learning dan mengetahui besaranya tingkat pengaruh penerapan Blended Learning pada siswa kelas VI L SMPN 2 Kuta Utara. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VI L SMPN 2 Kuta Utara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah Tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data hasil belajar siswa dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian telah mencapai tujuan pembelajaran diharapkan yaitu adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Ini ditunjukkan dengan nilai siswa yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan keterlaksanaan pembelajaran juga telah sesuai dengan kategori yang diharapkan dengan kategori “baik”. Penyebab penurunan prestasi siswa yaitu: (1) siswa tidak dapat memahami materi dikarenakan kurangnya bimbingan guru disetiap pertemuan, (2) kurang aktifnya peran guru dalam memberikan latihan soal sehingga siswa kurang mandiri dalam proses pembelajaran, (3) kurangnya interaksi guru dan siswa sehingga siswa tidak bisa mengutarakan kesulitan belajarnya. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode blended learning dapat menigkatkan prestasi belajar siswa kelas VI L SMPN 2 Kuta Utara Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/435/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: PTK, Prestasi Belajar, Blended Learning
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email indriyani@unmas.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:53
Last Modified: 27 Jan 2023 02:42
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item
View Item