ATE, JERI RABA (2024) ANALISIS AUDIT KESELAMATAN JALAN UNTUK PEJALAN KAKI DI JALAN KAPTEN JAPA- KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R 396 FT BAB I-II.pdf - Other
Download (853kB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R 396 FT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Pejalan kaki adalah istilah dalam transportasi yang digunakan untukmenjelaskan orang yang berjalan di lintasan pejalan kaki di pinggir jalan, trotoar,lintasan khusus bagi pejalan kaki atau pun menyebrang jalan. Trotoar merupakan jalurpejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaanperkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan. JalanKapten Japa merupakan salah satu kawasan dengan jumlah pejalan kaki yang padatyang terletak di Desa Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar timur. Selain jumlahpejalan kakinya yang padat, kondisi totoar yang ada juga terlihat kurang baik. Kondisiinilah yang menjadi salah satu penyebab terganggunya keselamatan para penggunatrotoar. Maka dari itu peneliti mengambil judul Analisis Audit Keselamatan JalanUntuk Pejalan Kaki Di Jalan Kapten Japa–Kota DenpasarTujuan penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi fasilitas trotoar yangmempengaruhi tingkat keselamatan pejalan kaki. Selain itu juga, dilakukan surveyterhadap penyimpangan kondisi trotoar dan penyimpangan kerusakan permukaantrotoar dan hambatan samping yang nanti semuanya akan dianalisis untuk mencaripersentase penyimpangannya. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulandata yaitu dengan cara survey audit kondisi trotoar dan fasilitas pendukungnya yangnantinya akan dianalisis dengan acuan pedoman Spesifikasi Trotoar, SK SNI S-03-1990-1.Setelah selesai dianalisis maka diperoleh persentase penyimpangan kondisiterhadap Spesifikasi Trotoar SK SNI S -03 -1990 -1 yaitu untuk penyimpangan luastrotoar 0% (trotoar dalam kategori sangat baik), untuk penyimpangan lebar trotoar 0%(trotoar dalam kategori sangat baik), untuk penyimpangan tinggi trotoar 20% (trotoardalam kategori sangat baik), untuk penyimpangan kebebasan samping trotoar 100%(trotoar dalam kategori sangat kurang), penyimpangan kebebasan jalur lalu lintas100% (trotoar dalam kategori sangat kurang), Untuk penyimpangan kerusakanpermukaan trotoar diperoleh yaitu 4,54% (trotoar dalam kategori sangat baik), danuntuk penyimpangan hambatan samping diperoleh 1,65% (trotoar dalam kategorisangat baik),
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.396 FT / 2024 |
Uncontrolled Keywords: | Trotoar, Keselamatan, Pejalan Kaki, Audit, Penyimpangan |
Subjects: | F. TEKNIK > Trotoar |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | dewa adhi satriawan |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:17 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6901 |