NGGOPA, HESLI AJI (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VIII SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
390.FKIP-MAT-15.pdf - Other
Download (413kB)
![[thumbnail of BAB I dan II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
390.FKIP-MAT-16-42.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
390.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (20MB)
Abstract
Pemilihan model pembelajaran merupakan salah faktor yang mempengaruhi Hasil belajar. Terdapat banyak model pembelajaran kooperatif , salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI akan mengakibatkan proses pembelajaran akan semakin baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain “Posttest Only Control Grup”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dwijendra Denpasar sebanyak 8 kelas dengan total siswa 273 orang. Sampel diambil dengan dengan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu Kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar dengan tes objektif dan data keterlaksanaan dengan menggunakan angket dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, teknik tes, teknik observasi dan teknik wawancara. Teknik dokumentasi meliputi pengumpulan data atau dokumen hasil belajar siswa semester genap, sedangkan teknik tes ditujukan untuk mendapatkan hasil belajar siswa melalui tes objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Teknik observasi digunakan untuk mengamati bagaimana tingkat keberhasilan, efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang diterapkan dalam proses pembelajaran., dan untuk teknik wawancara digunakan untuk mengetahui model yang diterapkan oleh guru mata pelajaran matematika kelas VIII dan mengetahui seberapa berhasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang ditanyakan pada siswa kelas VIII F. sebelum melakukan uji hipotesis data melalui dua tahap pengujian yaitu uji prasyarat melalui normalitas dengan uji chi-square dan uji homogenitas dengan uji F, selanjutnya di analisis menggunakan uji t-tes dengan taraf signifikan 5%.
Hasil post-test menunjukkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,14 dan rata-rata prestasi belajar kelompok kontrol 70,27. Hasil post-test menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan memenuhi uji homogenitas, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji parametrik. Hasil analisis data menunjukan bahwa t-hitung tabel t atau 5,21 > 1,667, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/390/FKIP-MAT/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 02:22 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:44 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/455 |