PRANATHA, I NYOMAN BUDIAWAN (2023) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR PADA KAWASAN DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TABANAN. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PRANATHA REVISI SELESAI PRINT FIX[1]_watermark-5.pdf - Other
Download (209kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PRANATHA REVISI SELESAI PRINT FIX[1]_watermark-10-36.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PRANATHA REVISI SELESAI PRINT FIX[1].pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Dengan perkembangan zaman globalisasi yang semakin maju, tingkat mobilitas masyarakat dalam beraktivitas dan bermasyarakat juga semakin berkembang. Oleh karena itu diperlukan sarana transportasi yang mendukung aktivitas dan mobilitas masyarakat yang terus berkembang. Dalam perkembangan pelayanan manajemen transportasi, dari tahun ke tahun Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan terus mengalami perkembangan, baik dari segi sarana dan prasarana. Permasalahan yang terjadi di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan saat ini adalah kurangnya pengaturan parkir dan pada hari – hari tertentu masyarakat yang melakukan kir pada kendaraannya sering membludak. Hal ini yang menyebabkan Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan harus memiliki fasilitas untuk menunjang kenyamanan masyarakat yang melakukan KIR. Salah satunya dengan penyediaan area untuk memenuhi kebutuhan lahan parkir dan pengaturan jumlah kendaraan yang parkir sesuai dengan pedoman Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1996.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis ruang parkir kendaraan yang melakukan KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan dan untuk mengoptimalkan desain parkir kendaraan yang melakukan KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan pendalaman literatur yang akan digunakan sebagai panduan dan acuan dalam melaksanakan penelitian. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara survei lapangan seperti mencari jumlah kendaraan yang melakukan KIR dan mencari luas area parkir guna menentukan desain dan kapasitas parkir.
Jumlah petak parkir yang optimal untuk tiap desain pada fasilitas parkir kendaraan yang melakukan KIR pada area parkir 1 dan area parkir 2 yaitu: gambar desain parkir 1 dengan sudut 900 dengan kapasitas total sebesar 4 SRP untuk bus/truk dan 18 SRP untuk mobil/pick up, gambar desain parkir 2 dengan sudut 450 dengan daya tamping total sebesar 4 SRP untuk bus/truk dan 25 SRP untuk mobil/ pick up, dan gambar desain parkir 3 dengan sudut 450 dan 900 kapasitas yang didapat dari hasil desain sebanyak 4 SRP untuk bus/truk dan 16 SRP untuk mobil/ pick up. Sehingga desain pola parkir pada fasilitas parkir kendaraan yang melakukan KIR yang paling optimum yaitu sudut 900 , dengan ini diharapkan membantu mengatasi permasalahan penataan parkir yang tidak teratur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/354/FT-SIP/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Kapasitas, Ruang Parkir, Dinas Perhubungan |
Subjects: | F. TEKNIK |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | kadek ganda rini |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 02:35 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 02:35 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4335 |