ANALISIS TINGKAT KESULITAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VIII DI SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN AKADEMIK 2022/2023

ATE, YULITA BALI (2023) ANALISIS TINGKAT KESULITAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VIII DI SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
153.FKIP-SEJ-16.pdf - Other

Download (238kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
153.FKIP-SEJ-17-41.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
153.FKIP-SEJ.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran di SMP Dwijendara masih memiliki kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata peljaran sejarah, akibat masih menggunakan metode ceramah. Tujuan dalam penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran mata pelajaran sejarah dengan diperlakukan kurikulum 2013 pada siswa kelas VII SMP Dwijendra Denpasar, (2) Untuk mengetahui pengelaman belajar siswa kelas VII di SMP Dwijendra Denpasar dalam pembelajaran mata pelajaran sejarah dalam penerapan kurikulum 2013, (3) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran sejarah kelas VII di SMP Dwijendara dengan penerapan kurikulum 2013. Metode yang di gunakan meliputi: (1) metode pengumpulan data melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. (2) Metode pengeolahan data yang di gunakan adalah kualitatif di tunjang analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran mata pelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 berjalan dengan baik. Secara lebih rigid, proses pembelajaran sejarah berbasis kurikulum 2013 di kelas VIII SMP Dwijendra Denpasar terimplementasi dengan baik. Namun, dibalik baiknya implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa; dan telah tervalidasi melalui penelitian i n i dari sudut pandang guru: (1) perilaku serta karakteristik peserta didik yang sangat beragam, (2) tidak jarang, terpadat beberapa peserta didik yang teramati melakukan gangguan kepada teman lainya saat berdiskusi, membuat keributan, serta mendiskusikan hal lain diluar topik pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/153/FKIP-SEJ/2023
Uncontrolled Keywords: Analisis, Tingkat Kesulitan Belajar,Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Sejarah) > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:02
Last Modified: 11 Oct 2023 03:02
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4215

Actions (login required)

View Item
View Item