WOLA, NATALIA GOLLU (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS DI SMP DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151.FKIP-SEJ-15-16.pdf - Other
Download (206kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151.FKIP-SEJ-17-39.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
151.FKIP-SEJ.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Kurikulum Merdeka belajar sudah diterapkan di SMP Dwijendra sejak tahun 2022 meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran mata pembelajaran IPS di SMP Dwijendra Denpasar. 2). Untuk Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran mata pembelajaran IPS di SMP Dwijendra Denpasar. 3). Untuk mengetahui upaya yang dilakukan Guru untuk mengatasi kendala�kendala yang dihadapi dalam Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran mata pelajaran IPS di SMP Dwijendra Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, SMP Dwijendra Denpasar Sudah menerapkan kurikulum merdeka Belajar sejak tahun 2022 dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis mata pelajaran, dan modul pajar dikerjakan secara berkelompok. Kedua, problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran adalah kesulitan menganalisis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP serta Modul. Ketiga, upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan penerapan kurikulum merdeka belajar adalah guru SMP Dwijendra Denpasar mengikuti pelatihan implementasi kurikulum merdeka seperti sosialisasi, workshop dan lokarkarya sehingga guru-guru dapat memahami dengan baik dan benar terkait proses pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/151/FKIP-SEJ/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Mata pelajaran IPS |
Subjects: | G Education (Pendidikan) > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4210 |