FEJAYANI, NI WAYAN ANIK (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING BERBASIS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X E12 SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
152.FKIP-SEJ-18-19.pdf - Other
Download (176kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
152.FKIP-SEJ-20-80.pdf - Other
Download (5MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
152.FKIP-SEJ.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (25MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sukawati. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh data yang pasti untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Brainstorming berbasis media gambar dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X E12 SMA Negeri 1 Sukawati, dan (2) mengetahui respon dan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Brainstorming berbasis media gambar pada siswa kelas X E12 SMA Negeri 1 Sukawati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif tingkat sederhana. Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, penyebaran angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yakni penerapan model pembelajaran Brainstorming berbasis media gambar dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X E12 SMA Negeri 1 Sukawati. Berdasarkan hasil penelitian pada tes respon minat belajar pada siklus I memeperoleh total skor 2195 dan pada siklus II dengan total skor 2635. Sedangkan tes respon kemampuan berpikir kritis pada siklus I memperoleh total skor 2270 dan pada siklus II dengan total skor 2716. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 68,30, daya serap 68,30%, dan ketuntasan belajar 32,50%, lalu pada siklus II dengan rata-rata 91,50, daya serap 91,50%, dan ketuntasan belajar 97,50%. Dengan demikian model pembelajaran Brainstorming dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah disekolah, karena dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/152/FKIP-SEJ/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Brainstorming, media gambar, minat belajar, berpikir kritis. |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Sejarah) > Sejarah Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:05 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:05 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/4209 |