DWININGTYAS, NI MADE ITA (2023) PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, KEWAJIBAN MORAL, KESADARAN WAJIB PAJAK, BIAYA KEPATUHAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT GIANYAR DENGAN KUALITAS PELAYANAN MEMODERASI. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R. 4073 FEB-AK Abstrak.pdf - Other
Download (290kB)
![[thumbnail of Bab I & II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R. 4073 FEB-AK Bab I & II.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R. 4073 FEB-AK Full Text.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Abstract
Kepatuhan wajib pajak adalah tindakan Wajib Pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan pelaksanaan perpajakan yang berlaku dalam suatu Negara. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh pemahaman perpajakan, kewajiban moral, kesadaran wajib pajak, biaya kepatuhan dan sanksi perpajakan terhadap kapatuhan wajib pajak dalam membayar pajak pada kantor bersama SAMSAT Gianyar dengan kualitas pelayanan memoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar pada kantor bersama SAMSAT Gianyar tahun 2021 sebanyak 175.560 dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis dan Uji instrumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman perpajakan, kewajiban moral, kesadaran wajib pajak dan biaya kepatuhan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kualitas pelayanan mampu memoderasi pemahaman perpajakan dan biaya kepatuhan, sedangkan kewajiban moral, kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan tidak mampu dimoderasi oleh kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/4073/FEB-AK/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Kepatuhan wajib pajak, pemahaman perpajakan, kewajiban moral, kesadaran wajib pajak, biaya kepatuhan, sanksi perpajakan dan kualitas pelayanan |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Wajib Pajak |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | indah indriyani |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:06 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:06 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3951 |