LESTARI, KADEK AYU (2023) ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERBANDINGAN SENILAI DAN PERBANDINGAN BERBALIK NILAI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.459 FKIP-MAT ABSTRAK.pdf - Other
Download (629kB)
![[thumbnail of Bab I & II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.459 FKIP-MAT BAB I-II.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.459 FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
Abstract
Proses metakognisi yaitu awareness, evaluation, dan regulation menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa SMP Negeri 12 Denpasar yang masing-masing berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Siswa berkemampuan tinggi memiliki pengetahuan metakognisi yang lengkap yaitu pada tahap pengetahuan awareness, regulation, dan evaluation. Siswa berkemampuan sedang memiliki pengetahuan metakognisi yang cukup lengkap. Siswa berkemampuan sedang dapat melewati tahap-tahap metakognisi dengan baik yaitu pada tahap pengetahuan awareness dan regulation. Siswa berkemampuan rendah memiliki pengetahuan metakognisi yang tidak lengkap. Sebab ada beberapa indikator yang tidak terpenuhi olehnya. Siswa tersebut tidak dapat melewati tahap awareness dan evaluation. Namun pada tahap regulation siswa ini dapat merencanakan dengan baik dan lengkap.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/459/FKIP-MAT/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Metakognisi, Pemecahan Masalah, Perbandingan |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | indah indriyani |
Date Deposited: | 31 May 2023 03:29 |
Last Modified: | 31 May 2023 03:29 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3453 |