PENERAPAN METODE BRAINWRITINGDALAMUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULISTEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS XMMDI SMK6 DENPASAR TAHUN AJARAN2022/2023

HATININGSIH, NI KADEK BUDI (2023) PENERAPAN METODE BRAINWRITINGDALAMUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULISTEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS XMMDI SMK6 DENPASAR TAHUN AJARAN2022/2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.456 FKIP-B.INDO ABSTRAK.pdf - Other

Download (310kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.456 FKIP-B.INDO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.456 FKIP-B.INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuanuntuk 1) Menguji keefektifan metode brainwriting dalam meningkatkan keterampilanmenulis teks eksposisi pada siswa kelas X MM di SMK Negeri 6 Denpasar; 2) Mengetahui langkah-langkah metode brainwriting dalam meningkatkan keterampilanmenulis teks eksposisi pada siswa kelas X MM di SMK Negeri 6 Denpasar; 3) Mengetahui respon siswa setelah diterapkan metode brainwriting. Pengumpulandatayang dilakukan adalah dengan metode observasi, tes dan kuesioner. Data yangtelahdiperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yangdiperoleh menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode brainwriting terjadi peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MMdi SMKNegeri 6 Denpasar. Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dapat ditinjaudari hasil nilai rata-rata siswa yang telah diperoleh pada tes siklus I yaitu 74,88danmeningkat pada siklus II yaitu 82,43. Langkat penerapan metode brainwritingtelahmendapatkan hasil yang maksimal. Hasil kuesioner respon siswa bahwa metodebrainwriting dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa yang lebih percaya diri untuk menuangkan ide gagasan, pemikirandan pendapat dengan lebih baik.

Abstract

This research is a classroom action research (PTK) which aims to 1) test theef ectiveness of the brainwriting method in improving the writing skills of expositiontexts in class X MM students at SMK Negeri 6 Denpasar; 2) Knowing the steps of thebrainwriting method in improving the skills of writing exposition texts in class XMMstudents at SMK Negeri 6 Denpasar; 3) Knowing the student's response afterapplying the brainwriting method. Data collection was carried out using observation, tests and questionnaires. The data that has been obtained was analyzed usingaqualitative descriptive technique. The research results obtained showed that afterapplying the brainwriting method there was an increase in the skills of writingexposition texts in class X MM students at SMK Negeri 6 Denpasar. The improvement in writing skills of exposition texts can be seen from the results of the students' average scores obtained in the first cycle test, which was 74.88 and increased inthesecond cycle, which was 82.43. The level of application of the brainwriting methodhas obtained maximum results. The results of the student response questionnaire that the brainwriting method can improve learning achievement. This can be seenfromthe ability of students who are more confident to express ideas, thoughts and opinionsbetter.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.456 FKIP-IND / 2023
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Brainwriting, Hasil Belajar
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia > Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:59
Last Modified: 25 Mar 2023 01:59
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item
View Item