DEVI, NI KETUT YUSTIKA SARI (2023) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL, SANKSI PAJAK, DAN SOSIALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (STUDI KASUS PADA KECAMATAN JEMBRANA TAHUN 2021). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3831 FEB-AK ABSTRAK.pdf - Other
Download (188kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3831 FEB-AK BAB I-II.pdf - Other
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3831 FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Indonesia adalah salah satu negara yang sedang melakukan pembangunan dengan terus menerus. Indonesia saat ini tengah berada di era pandemi covid-19. Pasalnya tidak hanya sektor kesehatan yang menjadi masalah pokok, melainkan masalah perekonomian juga. Penerimaan yang didapat negara dari perpajakan akan menopang biaya pembangunan di Indonesia lebih dari 50% dibandingkan penerimaan sektor lainnya. Pajak adalah salah satu sumber pembiayaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu jenis pajak pusat yang wewenangnya dilimpahkan kepada daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi pajak dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan (studi kasus pada Kecamatan Jembrana tahun 2021). Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30.335 dari seluruh wajib pajak PBB di Kecamatan Jembrana. Peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak, kewajiban moral, dan sosialisasi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh negatif terhadap kepatuhan. Selain itu sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Jembrana. Penelitian masa depan adalah diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teoritis memiliki pengaruh pada kepatuhan wajib pajak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/3831/FEB-AK/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Pajak |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 04:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 04:10 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2431 |