YUNIASIH, NI MADE (2022) PENGARUH KESADARAN, PENGETAHUAN, SANKSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PBB-P2 DI BPKPD KABUPATEN KLUNGKUNG. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3781 FEB-AK ABSTRAK.pdf - Other
Download (116kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3781 FEB-AK BAB I-II.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.3781 FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (15MB)
Abstract
Kepatuhan Wajib Pajak merupakan wajib pajak yang taat dan memenuhi serta melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Kepatuhan wajib pajak PBB-P2 di BPKPD Kabupaten Klungkung selama 5 tahun terakhir mengalami fluktuasi sehingga menyebabkan realisasi penerimaan PBB-P2 naik turun yang artinya terdapat faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak PBB-P2. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh kesadaran, pengetahuan, sanksi, kualitas pelayanan, dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2 di BPKPD Kabupaten Klungkung. Populasi penelitian adalah seluruh wajib pajak PBB-P2 di BPKPD Kabupaten Klungkung Tahun 2021 sebanyak 76.229 wajib pajak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode accidental sampling dan menggunakan rumus slovin. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, sanksi pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2, sedangkan pengetahuan perpajakan dan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2. Saran bagi petugas pajak diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpajakannya karena dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.3781 FEB-AK / 2022 |
Uncontrolled Keywords: | kesadaran, sanksi, kualitas pelayanan. |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Pajak |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email adhisatriawan@unmas.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 05:01 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 05:01 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2424 |