EFEKTIVITAS PENGUNAAN GOOGLE MEET DENGAN MODIFIKASI KUIS ONLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR

JELITA, DAFROSA YORISTA (2022) EFEKTIVITAS PENGUNAAN GOOGLE MEET DENGAN MODIFIKASI KUIS ONLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.198 FKIP - BIO ABSTRAK.pdf - Other

Download (120kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.198 FKIP - BIO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.198 FKIP - BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Banyak permasalahan yang muncul setelah diterapkannya pembelajaran daring seperti misalnya siswa merasa bosan dengan pembelajaran daring sehingga disaat melakukan pertemuan melalui google meet kebanyakan siswa terlambat untuk bergabung saat pembelajaran daring. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis efektifitas pengunaan google meet dengan modifikasi kuis online sebagai media pembelajaran biologi dalam jaringan (Daring) terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemic covid-19 di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre- eksperimen, one group pretest posttest design. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 8 Mei 2022 secara daring, berlokasi di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar yang beralamat di Jalan Kamboja No 11 A Denpasar. Populasi penelitian adalah kelas Xl SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar,dan sampel penelitian ini siswa kelas Xl MIPA 2 berjumlah 27 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest, selanjutnya dianalisis menggunakan Uji T-tes. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan memanfaatkan google meet dengan modifikasi kuis online sebagai media pembelajaran daring. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari nilai pretest yaitu nilai sebelum diberikan perlakuan dengan rata-rata 57,41 bila dibandingkan dengan nilai posttest yaitu nilai sesudah diberikan perlakuan dengan rata-rata 77,41.Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji Paired T-test. Dari hasil uji t berpasangan yang dilakukan, diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar (P=0,000) ini berarti bahwa terdapat pengaruh nyata antara pretest dan posttest. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan google meet dengan modifikasi kuis online efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas Xl MIPA 2 di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.198 FKIP-BIO / 2022
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Google Meet, Hasil Belajar.
Subjects: G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology > Pembelajaran Daring
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email adhisatriawan@unmas.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 05:51
Last Modified: 26 Jan 2023 05:51
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item
View Item