PENGARUH MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 DENPASAR MELALUI PEMBELAJARAN DARING

MALI, SERVIANA HERLINA OLO (2022) PENGARUH MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 DENPASAR MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.197 FKIP-BIO ABSTRAK.pdf - Other

Download (413kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.197 FKIP-BIO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.197 FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Abstrak

Pembelajaran IPA sering dikatakan sulit oleh siswa karena membosankan dan sulit dicerna akibat penyampaian materi yang kurang menarik dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Sehingga diperlukan media pembelajaran untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, salah satunya menggunakan media pembelajaran berbasis powerpoint untuk mempermudah penyampaian materi oleh guru. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre- eksperimen, one group pretest posttest design. Pelaksanaan penelitian dari tanggal 15 juni-25 juli 2021 secara daring, berlokasi di SMP Negeri 2 Denpasar. Populasi siswa SMP Negeri 2 Denpasar kelas VIII. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah purposive sampling, dan yang terpilih adalah Kelas VIII.9. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest, selanjutnya dianalisis menggunakan t-tes sebelumnya terlebih dahulu melakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang sangat nyata terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi sebesar (P=0,000). Kebaruan dalam penelitian ini dibandingkan penelitian sebelumnya media powerpoint berfokus pada pembelajaran didalam lingkungan sekolah atau bertatap muka langsung antara guru dan siswa, Sedangkan pada penelitian ini penggunaan media powerpoint sebagai alat untuk menyampaikan materi secara daring tanpa bertatap muka secara langsung, apalagi untuk kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini, penggunaan media powerpoint sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dari penggunaan media inilah guru dapat menilai tanggung jawab seorang siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, membuat seorang siswa lebih mandiri, serta disiplin dalam mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan media powerpoint berpengaruh sangat nyata dan signifikan (P=0,000) terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Denpasar melalui pembelajaran daring.

Abstract

Science learning is often said to be difficult by students because it is boring and difficult to digest due to the delivery of less interesting material against the background of the lack of use of media in learning. So that learning media is needed to optimize the learning process, one of which is using powerpoint-based learning media to facilitate the delivery of material by teachers. The purpose of the study was to analyze the effect of the use of powerpoint media on student learning outcomes. The type of research used is pre-experimental research, one group pretest posttest design. The implementation of the research from June 15-July 25, 2021 online, was located at SMP Negeri 2 Denpasar. The student population of SMP Negeri 2 Denpasar class VIII. The technique used in determining the sample is purposive sampling, and the selected one is Class VIII.9. Learning outcomes data were collected through pretest and posttest, then analyzed using the previous t-test first conducted a prerequisite test with a normality test and a homogeneity test. The results showed a very noticeable influence on improving student learning outcomes with a significance level of (P = 0.000). The novelty in this study compared to previous research powerpoint media focused on learning in the school environment or face to face between teachers and students, while in this study the use of powerpoint media as a tool to convey material online without meeting face to face, especially for the covid-19 pandemic conditions As it is today, the use of powerpoint media greatly affects student learning outcomes, from the use of this media, the teacher can assess the responsibility of a student in doing the assigned tasks, making a student more independent, and discipline in collecting assignments according to the specified time. The conclusion of this study is that the use of powerpoint

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.197 FKIP-BIO / 2022
Uncontrolled Keywords: Media powerpoint, hasil belajar, pembelajaran daring.
Subjects: G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology > Pembelajaran Daring
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Jan 2023 05:33
Last Modified: 26 Jan 2023 05:33
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item
View Item