PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS E-LEARNING

KASE, MARIA MELANIA BETO (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS E-LEARNING. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.195 FKIP - BIO ABSTRAK.pdf - Other

Download (238kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.195 FKIP - BIO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.195 FKIP - BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah membuat pembelajaran menjadi pasif dan kurang aktif. Selain tidak aktif bertanya, prestasi belajar peserta didik kelas XI MIA 1 tergolong masih rendah dibandingkan kelas XI MIA yang lain. Dari uraian permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2022 dan bertempat di SMA SLUA Saraswati 1 Denpasar jalan Kamboja No. 11A, Dangin Puri Kangin, Kec. Denpasar Utara. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 berjumlah 36 peserta didik. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis elearning. Sedangkan variabel terikat adalah aktivitas dan hasil belajar biologi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa, aktivitas dan hasil belajar biologi mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berbasis elearning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi XI MIA I SMA SLUA Saraswati 1 Denpasar. Adapun temuan pada saat pelaksanaan penelitian yaitu peserta didik merasa bosan dan malas saat mengikuti proses pembelajaran, sehingga jika ada peneliti lanjutan diharapkan agar dapat meneliti hal tersebut menggunakan model pembelajaran lain seperti blended learning sehingga bisa membandingkan apakah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan semangat dan keaktifan peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.195 FKIP-BIO / 2022
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Aktivitas, Hasil Belajar, Elearning
Subjects: G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology > STAD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:47
Last Modified: 26 Jan 2023 04:47
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item
View Item