PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KABUPATEN BANGLI

PARHILLA, NI PUTU EMY LEONA (2021) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
3256 FEB-AK Abstrak_watermark.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
3256 FEB-AK Bab 1-2_watermark.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
3256 FEB-AK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan pajak daerah yang dikelola oleh provinsi, pemungutan pajak kendaraan bermotor ini sangat berpengaruh terhadap sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kabupaten Bangli adalah salah satu daerah yang diberi kewenangan untuk melaksanakan otonomi daerah. Salah satu pendapatan daerah yang diperoleh Kabupaten Bangli adalah dari pajak kendaraan bermotor. Pentingnya peran pajak dalam rangka peningkatan pembangunan dalam suatu daerah yang salah satunya dihasilkan dari wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kembali pengaruh kesadaran wajib pajak, sosialisasi pajak, kualitas pelayanan pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bangli. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang ada di Kabupaten Bangli dengan penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling yang diperoleh sebanyak 100 wajib pajak yang menjadi sampel yang digunakan sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib, (2) variabel sosialisasi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (3) variabel kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (4) variabel sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kantor UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali Kabupaten Bangli diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak, wajib pajak agar lebih meningkatkan kepatuhan pajaknya, dan Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Bangli.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R 3256 FEB-AK/2021
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: G Social Sciences (Ilmu Sosial) > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:28
Last Modified: 01 Feb 2023 01:58
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item