MAULANA, ANANG (2016) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MEDIA CETAK JAWA POS PADA PT INTERMEDIA PERS PROVINSI BALI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
684.FE-MAN_watermark-8.pdf - Other
Download (92kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
684.FE-MAN_watermark-14-44.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
684.FE-MAN_watermark.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Di Indonesia pertumbuhan media cetak dalam bentuk koran tidak begitu pesat dibandingkan media lainnya dalam satu dekade terakhir. Strategi yang digunakan pun beragam, salah satunya adalah Customer Relationship Marketing. Variabel attraction, retention, dan enhancement yang merupakan tiga hal pokok dalam Customer Relationship Marketing. Berlatarbelakang masalah tersebut maka yang menjadi pokok masalah adalah (1) Apakah Customer Relationship Marketing (attraction, retention, dan enhancement) secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Media Cetak Jawa Pos pada PT Intermedia Pers Provinsi Bali dan (2) Apakah Customer Relationship Marketing (attraction, retention, dan enhancement) secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Media Cetak Jawa Pos pada PT Intermedia Pers Provinsi Bali.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing (attraction, retention, dan enhancement) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Media Cetak Jawa Pos pada PT Intermedia Pers Provinsi Bali dan (2) Untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing (attraction, retention, dan enhancement) secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Media Cetak Jawa Pos pada PT Intermedia Pers Provinsi Bali.
Berdasarkan hasil analisis diperleh bahwa dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 3,410 + 0,325 X1 + 0,001 X2 + 0,082 X3. Secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel attraction, retention, enhancement terhadap loyalitas pelanggan Media Cetak Jawa Pos pada PT Intermedia Pers Provinsi Bali. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh r = 0,567 yang berada di antara 0,41–0,70 yang berarti terjadi korelasi positif dan sedang. Dari analisis determinasi diperoleh nilai sebesar 32,2% yang berarti besarnya pengaruh attraction, retention, dan enhancement terhadap loyalitas pelanggan sebesar 32,2%. Hasil analisis F-test yang diperoleh dari penelitian ini adalah Customer relationship marketing yang ditinjau dari faktor attraction, retention, dan enhancement secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Media Cetak Jawa Pos pada PT Intermedia Pers Provinsi Bali. Ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 3,483 > Ftabel = 2,82. Hasil uji t menunjukkan bahwa hanya attraction berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas (Y). Karena thitung = 2,480 > ttabel = 1,717. Sedangkan variabel retention (X2), dan enhancement (X3) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y). Karena untuk retention (X2) thitung = 0,004 < ttabel = 1,717 dan untuk variabel enhancement (X3) thitung = 0,516 < ttabel = 1,717
Manajemen harus lebih memperhatikan aktivitas yang berhubungan dengan attraction karena variabel ini yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/684/FEB-MAN/2016 |
Uncontrolled Keywords: | customer relationship marketing, loyalitas pelanggan, media cetak |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kepuasan Konsumen F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kualitas Pelayanan F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 01:53 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:15 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1748 |