PERAN ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK DALAM MENENTUKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KINERJA USAHA PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH KAIN TENUN (ENDEK) DI PROVINSI BALI

ADIPUTRA, I PUTU PRATAMA (2022) PERAN ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK DALAM MENENTUKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KINERJA USAHA PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH KAIN TENUN (ENDEK) DI PROVINSI BALI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
143.FEB-MM-8-9.pdf - Other

Download (172kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
143.FEB-MM-16-71.pdf - Other

Download (5MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
143.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orientasi pasar dan inovasi produk dalam menentukan keunggulan kompetitif dan kinerja usaha pada industri kecil dan menengah kain tenun (endek) dai Provinsi Bali. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dengan program Smart PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha kain tenun (endek) di Provinsi Bali. Hasil penelitian mengemukakan bahwa orientasi pasar mampu menentukan secara langsung peningkatan kinerja usaha pada IKM kain tenun (endek) di Provinsi Bali. Bagiamanapun juga, orientasi pasar yang dijadikan sebagai sumber keunggulan kompetitif mampu menghasilkan dampak yang lebih besar capaian usaha pada IKM kain tenun (endek) di Provinsi Bali. Lain halnya dengan inovasi produk yang tidak mampu menetukan kinerja usaha secara langsung. Namun, inovasi produk yang mampu menghasilkan keunggulan kompetitif dapat menentukan peningkatan kinerja usaha pada IKM kain tenun (endek) di Provinsi Bali.

Abstract

This study aims to determine market orientation and product innovation in determining competitive advantage and business performance in SMEs woven fabric industries (endek) in Bali Province. The research approach used is descriptive analysis with a quantitative approach with the Smart PLS program. The population in this study is the owner of a woven fabric business (endek) in the Province of Bali. The results showed that market orientation was able to directly determine the performance improvement of woven fabric SMEs (endek) in Bali. However, market orientation which is used as a source of competitive advantage is able to produce a greater impact on business achievement on woven fabric SMEs (endek) in Bali Province. It is different with product innovation which is not able to determine business performance directly. However, product innovation that is able to produce a competitive advantage can determine the performance improvement of woven fabric SMEs (endek) in Bali Province.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.143 FEB-MAN/2022
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar; Inovasi Produk; Keunggulan Kompetitif; Kinerja Usaha.
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kualitas Pelayanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:06
Last Modified: 31 Jan 2023 03:22
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item
View Item