PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI KONSUMEN PADA PEMBELIAN BARANG DI MARKET PLACE

DEWI, KADEK SINTIA (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI KONSUMEN PADA PEMBELIAN BARANG DI MARKET PLACE. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
1522 FH_watermark-11.pdf - Other

Download (304kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1522 FH_watermark-15-27.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
1522 FH_watermark.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Meningkatnya transaksi masyarakat di marketplace nyatanya berbanding lurus dengan ancaman kejahatan yang bisa ditimbulkan. Terutama dalam perlindungan data pribadi konsumen. Karena ada berbagai kasus pelanggaran hak privasi terkait data pribadi, maka harus ada peraturan yang tepat terkait perlindungan data pribadi. Tetapi saat ini peraturan-peraturan yang ada belum secara spesifik mengatur tentang data pribadi. Hanya diatur secara umum dalam Undang – Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UndangUndang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (selanjutnya disebut UU ITE) serta produk hukum turunannya yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia No. 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Normatif, metode ini digunakan karena adanya kekosongan norma hukum terhadap perlindungan data pribadi terkait pembelian barang di market place. Dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan analisis konsep hukum.

ABSTRACT
The increase in public transactions in the marketplace is in fact directly proportional to the threat of crime that can be caused. Especially in the protection of consumer personal data. Because there are various cases of violation of privacy rights related to personal data, there must be proper regulations regarding the protection of personal data. However, currently the existing regulations do not specifically regulate personal data. Only generally regulated in Law No. No . 20 of 2016 concerning the Protection of Personal Data in Electronic Systems. This study uses a normative research method, this method is used because of the absence of legal norms for the protection of personal data related to the purchase of goods in the market place. By using a statutory approach and a legal concept analysis approach.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/1522/FH/2022
Uncontrolled Keywords: Data Pribadi, Perlindungan Hukum, Konsumen, Market Place
Subjects: F. HUKUM (Law) > Hukum Perdagangan
F. HUKUM (Law)
Divisions: Fakultas Hukum > Sarjana Hukum
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:01
Last Modified: 02 Feb 2023 04:10
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item
View Item