MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON BAGI SISWA KELAS VIIID SMP SILA DHARMA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NEGU, OKTAVINA ANGELINA PODU (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON BAGI SISWA KELAS VIIID SMP SILA DHARMA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
452.FKIP-MAT-9-12.pdf - Other

Download (685kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
452.FKIP-MAT-17-53.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
452.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Dari hasil wawancara dengan guru matematika di kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar, bahwa siswa pada kelas yang ditangani siswanya kurang dalam menangkap dan menerima pelajaran matematika di kelas, sehingga menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswa. Menurut data yang diperoleh dari guru tersebut bahwa nilai rata-rata kelas untuk mata pelajaran matematika siswa kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar yaitu 70. Ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa masih di bawah KKM yaitu minimal 75.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: Seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan video pembelajaran dan aplikasi Powtoon bagi siswa kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 dan Bagaimana peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajar matematika dengan menggunakan video pembelajaran dan aplikasi powtoon di kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar Tahun pelajaran 2021/2022.
Tujuan Penelitian ini adalah: Meningkatkan Hasil Belajar dan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan Video Pembelajaran dan Aplikasi Powtoon pada siswa kelas VIIID di SMP Sila Dharma Denpasar Tahun Pelajaran 2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 39 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan melalui dengan teknik observasi, dan data prestasi belajar x siswa dikumpulkan dengan teknik tes yang dilakukan tiap pada akhir siklus. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskritif komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran persamaan linear melalui penerapan model pembelajaran dengan menerapkan media powtoon dalam bentuk video pembelajaran pada siswa kelas VIII D SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kategori aktivitas belajar siswa dari kategori “cukup aktif” pada siklus I menjadi kategori “aktif” pada siklus II. Terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran persamaan linear melalui penerapan model pembelajaran media powtoon dalam bentuk video pembelajaran pada siswa kelas VIII D SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2021/2022.
PTK ini dilakukan sampai dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata skor aktivitas belajar beserta kategorinya pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu: 11,79 dan 15,21 dengan kategori “cukup aktif” dan “aktif”. Berdasarkan hasil analisis prestasi belajar siswa diperoleh bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa ( X ), ketuntasan belajar (KB), dan daya serap (DS) pada siklus I sebesar 63,94; 63,94%; dan 51,28%; dan pada siklus II sebesar 78,15; 78,15%; dan 76,92%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/452/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, video pembelajaran, aplikasi powtoon
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:37
Last Modified: 27 Jan 2023 02:37
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item
View Item