ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 7 DENPASAR

RANGU, MARTINUS DARTO (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 7 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
448.FKIP-MAT-14.pdf - Other

Download (180kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
448.FKIP-MAT-16-32.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
448.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Denpasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi SPLDV berdasarkan prosedur Newman. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 orang siswa dari 30 siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Denpasar. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal SPLDV adalah 1) Kesalahan memahami soal, yang meliputi tidak menuliskan hal yang diketahui dalam soal dan tidak meuliskan hal yang ditanyakan dalam soal, presentase kesalahan memahami masalah sebanyak 9,23%. 2) Kesalahan transformasi yang meliputi tidak paham dengan metode penyelesaian yang digunakan, presentase kesalahan transformasi masalah sebanyak 33,85%. 3) Kesalahan kemampuan proses yang meliputi tidak melanjutkan proses penyelesaian, presentase kesalahan keterampilan proses sebanyak 18,46%. 4) Kesalahan penulisan jawaban akhir yang meliputi tidak menuliskan penulisan jawaban akhir dalam soal Kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 38,46%. Faktor-faktor dari penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa terlalu terburuburu, siswa kurang berlatih soal-soal cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/448/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Soal SPLDV
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:14
Last Modified: 27 Jan 2023 02:38
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item
View Item