PADI, SONIYANTO (2022) TREN PENELITIAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
194.FKIP-BIO-14-15.pdf - Other
Download (327kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
194.FKIP-BIO-16-42.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
194.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian literatur review yang bertujuan untuk mengetahui tren penelitian learning management system dalam pembelajaran biologi dengan menganalisis jurnal yang mengkaji tentang LMS dalam pembelajaran biologi, variabel yang dikaji, metodelogi yang digunakan, dan hasil dari penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan penelurusan jurnal nasional yang terindeks di portal GARUDA, dengan memasukkan kata kunci “Learning Management System+biologi”, “Schoology +biology”, “Google Classroom +biologi”, “pembelajaran biologi dengan Classrom”, “pembelajaran biologi dengan Edmodo”, “pembelajaran IPA dengan Classroom”, “pembelajaran IPA dengan Learning Management System”; artikel yang ambil rentang waktu 2015 sampai 2022. Hasil pencarian diperoleh artikel dengan total keseluruhan 127 artikel; artikel yang lolos berdasarkan seleksi topik penelitian, kekembaran, dan tahun terbitnya terdapat 13 artikel yang siap dilanjutkan untuk di tabulasi. Hasil tabulasi menunjukkan tidak ada jurnal dominan atau khusus meneliti tentang LMS dalam pembelajaran biologi; variabel yang paling banyak dikaji dalam artikel yaitu variabel bebasnya model pembelajaran daring atau e-learing berbasis virtual class dengan google classroom sedangkan variabel terikat yang paling banyak dikaji adalah hasil atau prestasi belajar; metodelogi yang paling banyak digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas; dan hasil penelitian dari artikel menyimpulkan bahwa LMS dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa, respon siswa di dalam pembelajaran, meningkatkan efektifitas pembelajaran, pemahaman konsep maupun motivasi belajar. Simpulan penelitian ini adalah trendnya penelitian LMS menunjukkan bahwa tidak ada jurnal khusus meneliti tentang LMS dalam pembelajaran biologi, dalam pembelajaran daring menggunakan kombinasi LMS untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan respon siswa didalam pembelajaran, meningkatkan keefektifan pembelajaran, pemahaman konsep maupun motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/194/FKIP-BIO/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Learning Management System, E-learning, Pembelajaran Biologi, Pandemi COVID-19. |
Subjects: | G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 02:02 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1489 |