ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DIKELAS VIII 9 SMP NEGERI 7 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

KANATA, MARLIN (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DIKELAS VIII 9 SMP NEGERI 7 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.444.FKIP.MAT-ABSTRAK.pdf - Other

Download (291kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.444.FKIP.MAT-BAB I & II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.444.FKIP.MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan bagi siswa begitu pula bagi guru, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit diajarkan. Salah satu alasan mengapa demikian adalah karena untuk mempelajari materi baru dalam matematika seringkali memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang materi sebelumnya. Sulitnya materi yang dipahami siswa dapat mengakibatkan siswa tersebut melakukan kesalahan sehingga presentase belajar yang dicapai cenderung rendah. Untuk itu, perlu dievaluasi dengan memberi soal matematika pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam pemecahan masalah pada soal matematika khususnya pada materi SPLDV dikelas VIII 9 SMP Negeri 7 Denpasar. Metode penelitian adalah metode kualitatif. prosedur penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis. Sumber data berasal dari hasil tes atau jawaban siswa berupa dokumentasi dan hasil wawancara. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 9 SMP Negeri 7 Denpasar dari 30 siswa yang kemudian ditentukan dengan hasil jawaban siswa lalu dikelompokan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah yang di ambil dari 2 masing- masing kelompok sehingga subjek menjadi 6 siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur Newman adalah presentase kesalahan membaca masalah sebanyak 11,7% , presentase kesalahan memahami masalah sebanyak 17,6%, presentase kesalahan transformasi masalah sebanyak 27,9%, presentase ketrampilan proses sebanyak 13,2%, dan presentase penulisan jawaban akhir sebanyak 29,4%. Penyebab kesalahan yang dilakukan setiap subjek penelitian yaitu presentase siswa kurang teliti dan terlalu terburu-buru sebanyak 26,3%, presentase siswa kurang berlatih menyelesaikan soal cerita dan tidak percaya diri sebanyak 12,2%, presentase siswa belum paham dengan maksud soal sebanyak 12,2%, presentase siswa kurang memanfaatkan waktu dengan baik dan lupa menuliskan pemisalan sebanyak 25,4%, dan siswa belum paham dengan metode yang digunakan dan lupa menuliskan jawaban akhir sebanyak 23,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/444/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Soal pemecahan masalah
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:40
Last Modified: 27 Jan 2023 02:32
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item
View Item