PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI LITERASI DIGITAL DENGAN METODE CASE BASED LEARNING (CBL) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII C SMP SAPTA ANDIKA

SHINTIYAH, DEWI (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI LITERASI DIGITAL DENGAN METODE CASE BASED LEARNING (CBL) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII C SMP SAPTA ANDIKA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.454 FKIP-INDO ABSTRAK.pdf - Other

Download (222kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.454 FKIP-INDO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.454 FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan 1) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui literasi digital dengan menggunakan metode case based learning (CBL) pada siswa kelas VIII C SMP Sapta Andika; 2) Mengetahui langkah-langkah metode case based learning (CBL) dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui literasi digital dalam pembelajaran teks berita pada siswa kelas VIII C SMP Sapta Andika. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode wawancara, observasi dan tes. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara melalui literasi digital dengan metode case based learning (CBL) dalam pembelajaran teks berita pada siswa kelas VIII C SMP Sapta Andika. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat ditinjau dari nilai rata-rata hasil tes siswa. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang lebih percaya diri saat menyampaikan isi berita, dengan penggunaan bahasa, kejelasan,vokal, dan jeda yang lebih baik.

ABSTRACT
This study is a class action study (PTK) aimed at 1) Knowing the improvement of speaking skills through digital literacy using case based learning (CBL) methods in the VIII C class of Sapta Andika Junior High School; 2) Knowing the steps of case based learning (CBL) methods in improving speaking skills through digital literacy in news text learning in the VIII C class of Sapta Andika Junior High School. Data collection is done by interview, observation, and test methods. The data obtained are analyzed using quantitative analysis techniques. The results of the study showed that there was an increase in speaking skills through digital literacy using case-based learning (CBL) methods in news text learning in Sapta Andika Junior High School VIII C grade students. The improvement of students' speaking skills can be reviewed by the average student's test results. This can be seen from students who are more confident when delivering news content, with better use of language, clarity, vocabulary, and pause.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/454/FKIP-IND/2023
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Case Based Learning (CBL), Hasil Belajar
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: indah indriyani
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:30
Last Modified: 05 Jun 2023 02:30
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item
View Item