IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MA RUHUL AMIN TAHUN AJARAN 2022/2023

MUCHTAR, SATRIA FAITHFULL MUTTABI’ MI’RAJ (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MA RUHUL AMIN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.453 FKIP-INDO ABSTRAK.pdf - Other

Download (650kB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R.453 FKIP-INDO BAB I-II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.453 FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada keterampilan berbicara untuk meningkatkan berpikir kritis siswa MA Ruhul Amin Lamongan Tahun Ajaran 2022/2023. Diterapkan pada siswa kelas XI MA Ruhul Amin Lamongan. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan tes untuk mengamati kemampuan berbicara siswa. Data yang telah dikumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang menunjukan bahwa keterampilan berbicara dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa pada tes awal sebesar 4,14 dengan kategori kurang. Siklus I sebesar 5,6 dengan kategori hampir cukup, dalam penerapan pada pra siklus dan siklus I masih terdapat kelemahan yang terjaddi pada proses pembelajaran yaitu siswa kurang serius dalam membaca teks yang diberikan, adapun alternatif solusi yang diberikan yaitu dengan menciptakan suasana baru yang menyenangkan. Berdasarkan solusi tersebut, terjadi peningkatan 2,22 sehingga pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 7,82 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/453/FKIP-IND/2023
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, keteranpilan berpikir kritis
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: indah indriyani
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:23
Last Modified: 05 Jun 2023 02:23
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item
View Item