UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 WELAK, KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

LONG, GAUDENSIUS (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 WELAK, KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.135.FKIP.SEJ.2021-ABSTRAK.pdf - Other

Download (561kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.135.FKIP.SEJ.2021-BAB I & II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.135.FKIP.SEJ.2021.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Abstrak:
Peneliitan ini bertujuan untuk dapat diwujudkan: (1) Seberapa jauh upaya peningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan (2) Meningkatkan hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPS setelah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yaitu dua kali tatap muka dan satu kali evaluasi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (5) refleksi. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Welak dengan jumlah siswa 19 orang. Obyek dalam penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada Kelas VIII B SMP Negeri 4 Welak, Kabupaten Manggarai Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan keaktifan belajar siswa dapat dilihat pada siklus I diperoleh dengan kategori “tinggi” sebanyak 4 siswa, dengan kategori “cukup tinggi” sebanyak 11 siswa, dan siswa dengan kategori “rendah” sebanyak 4 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori “sangat tinggi” sebanyak 3 siswa, kategori “sebanyak” 16 siswa. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat pada siklus I, siswa yang belajarnya mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa. Pada siklus II, siswa yang belajarnya mencapai KKM sebanyak 17 orang siswa, sedangkan yang belajarnya tidak mencapai KKM sebanyak 2 orang siswa. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Welak, Kabupaten Manggarai Barat, karena melalui interaksi yang baik antara guru dan siswa serta susunan belajar yang menyenangkan memudahkan siswa untuk mempelajari dan memahami materi pelajaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

Abstract :
This research aims to be realized: (1) How far efforts to increase the activeness of student learning in IPS subjects after the implementation of the Student Teams Achievement Division (STAD) learning model and (2) Improve student learning outcomes in IPS subjects after the implementation of the Student Teams Achievement Division (STAD) learning model. This research uses Kurt Lewin's Class Action Research Method (PTK). This class action research consists of two cycles, namely cycle I and cycle II, each cycle consists of three meetings, namely two face-to-face and one evaluation. Each cycle consists of four steps: (1) planning, (2) action, (3) observation, (5) reflection. The subjects in this study were students of class VIII B SMP Negeri 4 Welak with a total of 19 students. The object in this study is to improve the activeness of learning and student learning outcomes by using the Student Teams Achievement Division learning model in Class VIII B of State Junior High School 4 Welak, West Manggarai Regency school year 2020/2021. Based on the results of the study showed the activeness of student learning can be seen in cycle I obtained with the category "high" as many as 4 students, with the category "high enough" as many as 11 students, and students with the category "low" as many as 4 students. In cycle II there was an increase with the category "very high" as many as 3 students, the category "as many" as 16 students. While the results of student learning can be seen in cycle I, students who study reach KKM as many as 13 students while those who do not reach KKM as many as 6 students. In cycle II, students who studied reached KKM as many as 17 students, while those who studied did not reach KKM as many as 2 students. It can be concluded that with the application of the Student Teams Achievement Division (STAD) learning model can improve the activeness of learning and learning outcomes of students of class VIIIB of State Junior High School 4 Welak, West Manggarai Regency, because through good interaction between teachers and students and a pleasant learning arrangement makes it easier for students to learn and understand the subject matter so that the desired goals can be achieved properly.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/135/FKIP-SEJ/2021
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Keywords : Application of Student Teams Achievement Division (STAD) Learning model, Learning Activities and Learning Outcome
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Sejarah) > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:38
Last Modified: 27 Jan 2023 02:45
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item
View Item