PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM BERBANTUAN WHATSAPP DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 7 DENPASAR

MALO, ROSALIA FRANSISKA INDA (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM BERBANTUAN WHATSAPP DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 7 DENPASAR. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.430.FKIP.MAT.2022-ABSTRAK.pdf - Other

Download (696kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.430.FKIP.MAT.2022-BAB I & II.pdf - Other

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.430.FKIP.MAT.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Selama masa pandemi Covid – 19, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyiapkan pembelajaran dengan sistem yang berbeda, yakni dengan melakukan pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring tentunya membutuhkan aplikasi – aplikasi yang dapat membantu jalannya kegiatan pembelajaran. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya aplikasi Zoom berbantuan WhatssApp dan aplikasi Google Classroom. Aplikasi Zoom berbantuan WhatssApp memungkinkan siswa dan guru melakukan pembelajaran dengan tatap muka meskipun dalam jarak yang jauh dan dibantu dengan aplikasi WhatssApp untuk guru memberikan materi bacaan kepada siswa serta siswa dapat mengirimkan hasil jawaban dari tugas yang diberikan oleh guru. Aplikasi Google Classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan adanya kelas di dunia maya. Aplikasi ini hanya berfokus pada pemberian materi dan tugas kepada siswa, serta siswa juga dapat mengirim hasil jawaban mereka ke dalam suatu kolom di Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan aplikasi Zoom berbantuan WhatssApp dengan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Denpasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan desain “Posttest Only Control Group Design”. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Denpasar sebanyak 6 kelas dengan total 403 siswa. Sampel diambil sebanyak 25% dari populasi kelas dengan teknik Cluster Random Sampling (teknik acak pada kelas) yang menghasilkan dua kelas dengan jumlah 90 siswa sebagai sampel penelitian, yakni kelas X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan tes objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang sebelumnya telah melewati tahap uji validitas, uji reliabilitas, daya beda, dan indeks kesukaran. Data analisis dengan menggunakan uji wilcoxon rank sum test dengan taraf signifikansi 5%. Rata – rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen (x 1 ) adalah 61,21 sedangkan rata – rata hasil belajar siswa kelompok kontrol (x 2 ) adalah 70,89. hasil posttest menunjukkan bahwa kedua kelompok data tersebut tidak berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis uji wilcoxon rank sum test matematika siswa diperoleh bahwa hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama yaitu “yes” artinya siginfikan atau ada beda bermakna yang artinya H1 diterima. Dengan kata lain ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Zoom berbantuan WhatsApp dengan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/430/FKIP-MAT/2022
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Hasil Belajar Matematika, Aplikasi Zoom berbantuan WhatssApp, Aplikasi Google Classroom
Subjects: G Science (Sains) > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:15
Last Modified: 27 Jan 2023 02:41
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item
View Item