PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAPAT MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KELAS VII/4 DI SMP NEGERI 2 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

DANUT, DAFRITA (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAPAT MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KELAS VII/4 DI SMP NEGERI 2 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.127.FKIP.SEJ.2021-ABSTRAK.pdf - Other

Download (476kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.127.FKIP.SEJ.2021-BAB I & II.pdf - Other

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.127.FKIP.SEJ.2021.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu setelah penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu setelah metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I Dan siklus II, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yaitu satu kali tatap muka dan satu kali evaluasi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Yang menjadi sunjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/4 SMP Negeri 2 Denpasar dengan jumlah siswa 15 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan sikap belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas VII/4 SMP Negeri 2 Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sikap belajar siswa dapat dilihat pada siklus I diperoleh dengan kategori “sangat sesuai” sebanyak 5 siswa, dengan kategori “sesuai” 7 siswa, dan siswa dengan kategori “tidak sesuai” 3 siswa. Pada siklus II meningkat dengan kategori “sangat sesuai” sebanyak 6 orang siswa, dan kategori “sesuai” 9 orng siswa. Sedangkan hasil blajar siswa dapat dilihat pada siklus I , siswa yang belajarnya mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 2 orang siswa. Pada siklus II,hasil belajar siswa mencapai KKM 15 orang siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan sikap belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VII/4 SMP Negeri 2 Denpasar, karena melalui interaksi yang baik antara guru dan siswa serta suasana belajar yang menyenangkan, memudahkan siswa untuk mempelajari dan memahami materi pelajaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

Abstract :
This study aims to realize and improve student learning attitudes in Integrated Social Studies subjects after the application of the Cooperative Learning learning method Type Student Teams Achievement Division (STAD) and improve student learning outcomes in Integrated Social Studies subjects after the Cooperative Learning learning method Type Student Teams Achievement Division ( STAD). This study uses the Kurt Lewin Class Action Research (CAR) method. This classroom action research consisted of two cycles, namely cycle I and cycle II, each cycle consisting of two meetings, one face-to-face and one evaluation. Each cycle consists of four steps, namely: (1) Planning, (2) Action Implementation, (3) Observation, and (4) Reflection. The subjects in this study were class VII/4 students of SMP Negeri 2 Denpasar with a total of 15 students. The object of this study is to improve students' learning attitudes and learning outcomes by using the Cooperative Learning Type of Student Teams Achievement Division (STAD) learning method in class VII/4 of SMP Negeri 2 Denpasar in the 2021/2022 academic year. Based on the results of the study, it showed that students' learning attitudes could be seen in the first cycle, which was obtained in the "very appropriate" category as many as 5 students, in the "appropriate" category 7 students, and students with the "not appropriate" category 3 students. In the second cycle it increased with the "very appropriate" category as many as 6 students, and the "appropriate" category 9 students. While the results of student learning can be seen in the first cycle, students who learn to reach the KKM are 13 students while those who do not reach the KKM are 2 students. In cycle II, student learning outcomes reached the KKM of 15 students. So it can be concluded that the application of the Cooperative Learning learning method Type Student Teams Achievement Division (STAD) can improve student attitudes and learning outcomes in Integrated Social Studies learning in class VII/4 SMP Negeri 2 Denpasar, because through good interaction between teachers and students as well as a pleasant learning atmosphere, making it easier for students to learn and understand the subject matter so that the desired goals can be achieved properly.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/127/FKIP-SEJ/2021
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Sikap Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Wordskey: Cooperative Learning method type student teams achievement division (STAD), learning attitudes, and learning outcomes.
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Sejarah) > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Unnamed user with email indriyani@unmas.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:20
Last Modified: 27 Jan 2023 02:44
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item
View Item