PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-NUMBERED HEAD TOGETHER (REMAP-NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 5 DENPASAR

WULANDARI, FELYSITAS (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-NUMBERED HEAD TOGETHER (REMAP-NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 5 DENPASAR. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
R.189.FKIP.BIO.2019-ABSTRAK.pdf - Other

Download (264kB)
[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.189.FKIP.BIO.2019-BAB I & II.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.189.FKIP.BIO.2019.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis di indonesia masih rendah, hal itu ditandai oleh hasil tes PISA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 5 Denpasar setelah diterapkan model pembelajaran Reading Concept Map- Numbered Head Together (Remap-NHT). Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non equivalent control group design. Variabel yang digunakan adalah model pembelajaran Remap-NHT sebagai variabel bebas, sedangkan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara simple random sampling sehingga terpilih kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang. Data yang diperoleh adalah data kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur dengan instrumen berupa tes dan rubrik kemampuan berpikir kritis yang sebelumnya telah melalui uji validasi isi oleh expert judgement. Data dianalisis dengan Mann Whitney U Test melalui program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (Z=-3,357, P=0,001) dari penerapan model pembelajaran Remap-NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran Reading Concept Map-Numbered Head Together (Remap-NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 5 Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/189/FKIP-BIO/2019
Uncontrolled Keywords: Remap, NHT, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:43
Last Modified: 27 Jan 2023 02:47
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item
View Item