PRAING, MELANI RAMBU SARI (2021) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS BELAJAR E-LEARNING BIOLOGI DI SMA PGRI 6 DENPASAR. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.183.FKIP.BIO.2021-ABSTRAK.pdf - Other
Download (383kB)
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.183.FKIP.BIO.2021-BAB I & II.pdf - Other
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.183.FKIP.BIO.2021.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Paradigma sistem pendidikan yang semula berbasis tradisional dengan mengandalkan tatap muka, kini beralih menjadi sistem pendidikan yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dengan sentuhan dunia teknologi informasi khususnya dunia cyber (maya). Seiring dengan perubahan paradigma sistem pendidikan tersebut dapat dilihat dengan adanya perubahan dalam hal aktivitas belajar yang dilakukan secara online menggunakan e-learning yang didalamnya mengalami banyak perubahan, baik metode pembelajaran, media pembelajaran ataupun aktivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi minat belajar siswa terhadap aktivitas belajar e-learning biologi di SMA PGRI 6 Denpasar. Jenis penelitian adalah ex post facto, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Waktu penelitin dilakukan dari bulan November sampai Desember 2020 di SMA PGRI 6 Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan rubrik penilaian aktivitas belajar. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji analisis statistik deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa termasuk dalam kategori baik, yaitu berada pada presentase jawaban 66% - 84% dengan nilai rata-rata 65,95. Sedangkan untuk hasil aktivitas belajar termasuk dalam kategori baik, yaitu berada pada presentase jawaban 66% – 84% dengan nilai rata-rata 76,50. Sedangkan untuk hasil uji korelasi diketahui bahwa nilai signifikansi (sig) 0,149 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dengan aktivitas belajar e-learning Biologi kelas XI MIPA di SMA PGRI 6 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/183/FKIP-BIO/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Siswa, Aktivitas Belajar, E-Learning |
Subjects: | G Science (Sains) > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:59 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:47 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/909 |