Pay, Melinda Safira Remi (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 LEWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.432.FKIP.MAT.2022-ABSTRAK.pdf - Other
Download (140kB)
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.432.FKIP.MAT.2022-BAB I & 2.pdf - Other
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.432.FKIP.MAT.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (17MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X ATU B SMK Negeri 4 Lewa, dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X ATU B SMK Negeri 4 Lewa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian sebanyak lima nomor. Peneliti memilih 6 orang siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian dari 18 orang siswa kelas X ATU B berdasarkan kesalahan terbanyak yang dilakukan untuk diwawancarai. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi). Analisis kesalahan siswa mengacu pada kesalahan dengan Prosedur Polya yang terdiri dari 4 kategori yaitu kesalahan memahami masalah, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana dan kesalahan memeriksa kembali. Hasil penelitian diperoleh kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan memeriksa kembali dengan persentase 43,28% dan penyebab paling banyak yang dilakukan siswa adalah siswa belum paham menggunakan metode atau rumus dan siswa kurang berlatih soal-soal dengan presentase 32,25%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/432/FKIP-MAT/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Prosedur Polya. Analisis Kesalahan. Jenis-Jenis Kesalahan. Faktor Penyebab. |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:10 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:44 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/886 |