PERTIWI, NI KADEK ADHI PUTRI (2022) ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 4 ABIANSEMAL. Other thesis, UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR.
![[thumbnail of Abstrak]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.428.FKIP.MAT.2022-ABSTRAK.pdf - Other
Download (309kB)
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.428.FKIP.MAT.2022-BAB I & II.pdf - Other
Download (3MB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.428.FKIP.MAT.2022.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (22MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kebutuhan pengembangan video pembelajaran inovatif berbasis realistic mathematics education dalam pembelajaran matematika di SMP N 4 Abiansemal. (2) Untuk mengetahui factor-faktor kendala dalam kebutuhan pengembangan video pembelajaran inovatif berbasis realistic mathematics education dalam pembelajaran matematika di SMP N 4 Abiansemal. (3)Untuk mengetahui factor-faktor pendukung dalam kebutuhan pengembangan video pembelajaran inovatif berbasis realistic mathematics education dalam pembelajaran matematika di SMP N 4 Abiansemal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII dan siswa kelas VII A. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat 2 guru masuk kategori sangat butuh (100%), 18 peserta didik masuk kategori sangat butuh(60%), dan 12 peserta didik masuk kategori butuh (40%). (2) Faktor kendala yang dialami guru yaitu keterbatasan kemampuan didalam ketrampilan membuat video serta keterbatasan waktu yang dimiliki. Sedangkan faktor kendala yang dialami siswa yaitu keterbatasan jaringan internet dan munculnya rasa bosan. (3) Ada beberapa faktor pendukung dari guru yaitu ketersediaan alat untuk membuat video serta akses internet yang sangat memadai, selain itu alat untuk menayangkan video sangat mendukung. Sedangkan dari siswa, ketersediaan alat untuk menerima video pembelajaran dan akses internet yang memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/428/FKIP-MAT/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika. Video Pembelajaran . Realistic Mathematics Education(RME) |
Subjects: | G Science (Sains) > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 02:25 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:42 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/883 |