VIRGANTIKA, I GUSTI AYU PUTRI (2025) PRINSIP KERJA SAMA GRICE DALAM INTERAKSI LISAN GURU DAN SISWA SERTA IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII.3 SMP NEGERI 7 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
488.FKIP-IND (2101882010013)-17-56.pdf - Other
Download (344kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
488.FKIP-IND (2101882010013).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan prinsip kerja sama Grice dalam interaksi lisan antara guru dan siswa serta implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII.3 SMP Negeri 7 Denpasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama Grice, faktor-faktor penyebabnya, strategi untuk mengurangi pelanggaran, serta implikasinya terhadap pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya pematuhan dan pelanggaran terhadap keempat maksim prinsip kerja sama Grice. Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi pemahaman konteks, keinginan berkomunikasi efektif, pengetahuan yang memadai, serta keterbatasan pemahaman dan keinginan menghindari topik. Strategi untuk mengurangi pelanggaran mencakup pelatihan komunikasi, peningkatan kesadaran konteks, dan penggunaan bahasa yang jelas. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan untuk meningkatkan kualitas interaksi dan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/488/FKIP-IND/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Prinsip Kerja Sama Grice, Interaksi Lisan, Pembelejaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 05:30 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 05:30 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8645 |