PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII C SMP SLUB SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SAMUN, MARIA TRINILDIS (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII C SMP SLUB SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
497.FKIP-IND (2101882010012)-16-34.pdf - Other

Download (277kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
497.FKIP-IND (2101882010012).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) mengetahui Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII C SMP SLUB Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025, (2)Mengetahui langkah-langkah Penerapan Model Pembelajran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII C SMP SLUB Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan Observasi,Tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penerapan Model PjBL (Pembelajaran Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII C SMP Slub Saraswati 1 Denpasar. Meningkatnya Aktivitas Siswa tampak dari keantusiasan siswa dalam merespon pembelajaran. Siswa aktif dalam pembelajran dikelas mampu memahami materi serta menyelesaikan tiga yang diberikan. Selanjutnya, Jika ditinjau dari hasil belajar siswa, Peningkatan hasil menulis teks iklan terlihat dari penugasan yang diberikan oleh pendidik kepada siswa dan dapat ditinjau dari nilai rata-rata tes siswa. Pada tahap Pre-tes siswa memperoleh nilai rata-rata 39,10 , Pada siklus I 61,07 dan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata- rata 90. Hal tersebut dapat terlihat dari siswa yang mampu merangkai keseuaian judul, Keseuaian isi, Ketepatan penggunaan bahasa, kesesuaian tulisan, mekanik pada siswa tentang menulis teks iklan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/497/FKIP-IND/2025
Uncontrolled Keywords: Menulis,Meningkatkan Hasil Belajar, PjBL ( Project Based Learning)
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 16 Jun 2025 05:22
Last Modified: 16 Jun 2025 05:22
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8643

Actions (login required)

View Item
View Item