SEMUEL, HILDA (2025) IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X 1 SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
496.FKIP-IND (2101882010004)-15-33.pdf - Other
Download (361kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
496.FKIP-IND (2101882010004).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) implementasi metode time token bantuan media Question Box dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot pada siswa kelas X 1 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. (2) mengetahui langkah-langkah metode time token bantuan media Question Box dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X 1 SMA(SLUA) Saraswati 1 Denpasar. (3) mengetahui respon siswa kelas X 1 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar setelah diimplementasi metode time token bantuan media Question Box dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang di lakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila kemampuan menulis siswa minimal 75 dengan kategori baik, langkah-langkah implementasi metode time token berbantuan media question box menunjukan peningkatan siswa mencapai 80 % dan mendapatkan responden lebih banyak “SS“ (Sangat Setuju) dan “S“ (Setuju). Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada tes awal nilai rata- rata kemampuan menulis teks anekdot siswa yakni 46,76, sikus I mengalami peningkatan menjadi 64,41 dan siklus II mengalami peningkatan menjadi yang dapat 91,17. Implementasi metode time token berbantuan media question box mendapatkan respon positif dari siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil kuisioner siswa, sebagian besar siswa sangat setuju dan setuju dengan presentase 82,93%. Dengan demikian metode time token berbantuan media question box dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/496/FKIP-IND/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Time Token, Media Question Box. |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 05:16 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 05:16 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8642 |