SANUL, YOLASTIKA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LEMBAR HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X.2 SMA SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
495.FKIP-IND (2101882010010)-15-28.pdf - Other
Download (450kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
495.FKIP-IND (2101882010010).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) mengetahui penerapan model pembelajaran PBL (Problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks lembar hasil observasi pada siswa kelas X.2 SMA Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks lembar hasil observasi pada siswa kelas X.2 SMA Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data mengunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PBL (pembelajaran Problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks lembar hasil observasi pada siswa kelas X.2 SMA Saraswati 1 Denpasar. Meningkatnya aktivitas siswa tampak dari keantusiasan siswa dalam merespon pembelajaran. Siswa aktif dalam pembelajaran di kelas dan mampu memahami materi serta meyelesaikan tiga yang diberikan. Selanjutnya, jika ditinjau dari hasil belajar siswa, peningkatan hasil menulis teks lembar hasil observasi terlihat dari penugasan yang diberikan oleh pendidik kepada siswa dan dapat ditinjau dari nilai ratarata tes siswa. Pada tahap pre-tes siswa memperoleh nilai rata-rata 36,12 pada siklus I 46,16 dan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 80,67. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi.Hal itu ditunjukan oleh hasil setiap siklus Hal tersebut dapat terlihat dari siswa yang mampu merangkai kesesuaian isi, ketepatan pengunaan bahasa, kesesuaian tulisan pada siswa tentang teks lembar hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/495/FKIP-IND/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Meningkatkan Hasil Belajar, PBL (Problem based Learning) |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 05:09 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 05:09 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8641 |