DEWI, NI PUTU ANGGELINA PARAMITA (2025) KESANTUNAN BERBAHASA LISAN SISWA DAN GURU SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII B SMP NEGERI 4 MENGWI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
492.FKIP-IND (2101882010002)-15-55.pdf - Other
Download (492kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
492.FKIP-IND (2101882010002).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa lisan siswa dan guru dalam pembelajaram bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP Negeri 4 Mengwi; (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi bentuk pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa lisan siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP Negeri 4 Mengwi; (3) Mendeskripsikan implikasi kesantunan berbahasa lisan siswa dengan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP Negeri 4 Mengwi. Data yang diperoleh berasal dari peristiwa tutur interaksi lisan siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII B SMP Negeri 4 Mengwi. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dokumentasi, dan rekaman. Metode analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat keseluruhan 50 data mencakup; 36 data bentuk pematuhan kesantunan berbahasa dan 14 data bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun faktor yang mempengaruhi bentuk kesantunan berbahasa; peserta tutur memperhatikan dengan baik, perbedaan jarak sosial, memberikan tanggapan positif, suasana dan tempat tutur, dan tujuan tuturan sedangkan faktor yang mempengaruhi bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa; tuturan yang memojokkan mitra tutur, adanya tekanan, emosional, dan kurangnya kepekaan atau kepedulian. Implikasi dalam penelitian ini kesantunan mengurangi konflik dan peningkatan kerja sama dalam pembelajaran di kelas; menumbuhkan suasana positif dalam pembelajaran; menunjang tujuan pembelajaran; membantu meningkatkan keterlibatan siswa; membentuk kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/492/FKIP-IND/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Kesantunan berbahasa, Pembelajaran bahasa Indonesia, Implikasi |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:53 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:53 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8638 |