ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA LISAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SETIANINGRUM, MARETA DWI (2025) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA LISAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
490.FKIP-IND (2101882010001)-15-37.pdf - Other

Download (465kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
490.FKIP-IND (2101882010001).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa lisan dalam tuturan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengwi, dan (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan berbahasa lisan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengwi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, rekaman, pencatatan, dan wawancara. Data dalam penelitian ini diolah dengan teknik analisis data kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis data sebagai berikut (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa lisan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengwi pada tahun pembelajaran 2024/2025 terbagi ke dalam tiga kategori utama, yaitu kesalahan lafal, diksi, dan struktur kalimat. Kesalahan lafal mencangkup perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem. Kesalahan diksi mencakup penggunaan kata tidak baku, kata yang tidak sesuai dengan konteks, dan penggunaan unsur bahasa sehari-hari dalam situasi formal. Kesalahan struktur kalimat mencangkup kalimat yang kurang efektif, bertele-tele, atau ketidaklengkapan unsur-unsur pokoknya. Selanjutnya jika dilihat dari faktor penyebab kesalahan sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan siswa. Penggunaan bahasa sehari-hari atau bahasa daerah yang biasa digunakan oleh lingkungan sekitar biasanya mempengaruhi siswa. Selain itu, salah satu penyebab utama kesalahan berbahasa lisan siswa adalah kurangnya rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/490/FKIP-IND/2025
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Berbahasa Lisan, Pembelajaran Bahasa
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:42
Last Modified: 16 Jun 2025 04:42
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item
View Item