LESTARI, NI PUTU MIA (2025) PENERAPAN STRATEGI RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII C SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
489.FKIP-IND (2101882010005)-16-38.pdf - Other
Download (403kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
489.FKIP-IND (2101882010005).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) menerapkan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, (2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi RAFT dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, dan (3) mengetahui respon siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar terhadap penerapan strategi RAFT dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi setiap siklusnya, yaitu tes awal (pre-test) nilai rata-rata siswa 67,8 dengan ketuntasan klasikal 36,3%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata yang 70,4 dan ketuntasan klasikal 54,5%, dan semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yang 85,8 dan ketuntasan klasikal 100%. Peningkatan nilai yang diperoleh siswa tidak terlepas dari pemilihan langkah-langkah yang tepat melalui penerapan strategi RAFT dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, yaitu membentuk kelompok, memilih topik, mengasumsikan peran, memilih peserta, memilih format, dan mengembangkannya menjadi teks deskripsi. Penerapan strategi RAFT mendapatkan respon positif dari siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil kuesioner siswa, sebagian besar siswa sangat setuju dan setuju dengan persentase 95,44%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/489/FKIP-IND/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Strategi RAFT |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:38 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8635 |