PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA DUTA SUMBA

NONO, VALUSA HELENA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA DUTA SUMBA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
500.FKIP-MAT (2001842020015)-15-56.pdf - Other

Download (706kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
500.FKIP-MAT (2001842020015).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran memerlukan inovasi metode pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas X SMA Duta Sumba yang berjumlah (28 siswa). Instrumen penelitian observasi aktivitas, tes hasil belajar (pretest dan posttest).
Berdasarkan hasil posttest akhir tindakan pada siklus II menunjukan bahwa hasil belajar siswa sudah meningkat. Hal ini terbukti dari nilai meningkatkatnya ketuntasan belajar siswa dari 53,57% (post-test siklus I) menjadi 82,14% (post-test siklus II). Dari hasil pengamatan tersebut maka pada siklus II sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu minimal 70% dari tujuan atau nilai yang seharusnya dicapai. Kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan pada siklus II.
Berdasarkan tabel 4.3 hasil observasi kegiatan mengajar guru siklus I, perolehan total skor pertemuan pertama sebanyak 20 skor dengan taraf keberhasilan 27,78% kategori ‘cukup’, pertemuan kedua sebanyak 54 skor dengan taraf keberhasilan 75% kategori ‘baik’. Pada siklus II ini sudah mengalami peningkatan. observasi kegiatan mengajar guru siklus II, perolehan total skor pertemuan pertama sebanyak 57 skor dengan taraf keberhasilan 79,16% kategori “sangat baik”, pertemuan kedua sebanyak 63 skor dengan taraf keberhasilan 87,5% kategori “sangat baik”. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah menunjukan adanya peningkatan partisipasi aktif dari peserta didik dan adanya peningkatan hasil belajar bagi peserta didik serta keberhasilan peneliti dalam penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/500/FKIP-MAT/2025
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Team Games Tournament (TGT)
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 14 Jun 2025 03:30
Last Modified: 14 Jun 2025 03:30
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8628

Actions (login required)

View Item
View Item