LUQMAN, NAJWA RIZQI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
496.FKIP-MAT (2101842020004)-13-45.pdf - Other
Download (972kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
496.FKIP-MAT (2101842020004).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan literasi matematika adalah kapasitas individu untuk bernalar secara matematis dan merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasikan matematika untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Peringkat PISA Indonesia pada 2022 mengalami kenaikan lima sampai enam peringkat dari PISA 2018. Namun, Indonesia mengalami penurunan skor di kemampuan membaca, matematika, dan sains 12-13 poin. Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa disebabkan masih sulit menghadapi soal PISA kategori level 1 dan 2. Salah satu faktor pendukung terkait kemampuan literasi matematika adalah gaya belajar. Gaya belajar adalah salah satu variabel yang penting dan menyangkut cara peserta didik memahami pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gaya belajar siswa , (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas IX 1 SMP Negeri 7 Denpasar dengan gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestetik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik tes yang digunakan yaitu tes uraian sedangkan teknik non tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai gaya belajar siswa pada kelas IX 1 SMP Negeri 7 Denpasar di dapatkan bahwa siswa dengan dominan gaya belajar visual sebesar 48,57% (17 siswa), siswa dengan dominan kinestetik sebesar 28,57% (10 siswa) dan siswa dengan dominan Auditori sebesar 22,86% (8 siswa). Hasil penelitian yang dilakukan pada 3 subjek penelitian didapatkan kemampuan literasi matematika siswa visual dikategorikan sangat baik, kemampuan literasi matematika siswa auditori dapat dikategorikan baik, dan kemampuan literasi matematika pada gaya belajar kinestetik dapat dikategorikan cukup baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa adalah : (1) Gaya Belajar ; (2) Metode Pembelajaran di kelas ; (3) Minat siswa terhadap pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/496/FKIP-MAT/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematika, Soal Open Ended, SPLDV, Gaya Belajar, Deskriptif Kualitatif |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Literasi Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 03:12 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 03:12 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8625 |