PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PPT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI HINDU 3 BLAHBATUH

WIJAYA, I GEDE BAYU MAHENDRA (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PPT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI HINDU 3 BLAHBATUH. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
493.FKIP-MAT (2101842020011)-14-45.pdf - Other

Download (539kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
493.FKIP-MAT (2101842020011).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dan observasi di SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh, guru matematika mengatakan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, namun ditemukan bahwa guru matematika lebih sering menggunakan metode ceramah dibandingkan menerapkan model Discovery Learning secara penuh. Guru biasanya menjelaskan materi di depan kelas, memberikan link video YouTube dan halaman Google terkait materi untuk dicatat oleh siswa, kemudian meminta siswa mengerjakan latihan soal yang hasilnya dibahas bersama di akhir pembelajaran. Pendekatan ini tidak sepenuhnya mencerminkan prinsip discovery learning, yang seharusnya mendorong siswa untuk melakukan eksplorasi mandiri dan menemukan konsep melalui proses investigasi. Akibat dari metode pembelajaran yang cenderung monoton ini, hasil ulangan matematika siswa rata- rata masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan belum mampu secara optimal meningkatkan pemahaman, keterampilan siswa dalam pembelajaran matematika, serta kemampuan berpikir kreatif mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran Project Based Leraning berbantu PPT interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian eksperimen. Design penelitin ini yaitu Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh yaitu sejumlah 152 siswa
Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling untuk pengambilan sampelnya sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas Kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Hasil data menunjukkan bahwa menunjukkan t-hitung > t-tabel, yaitu 4.62 > 1,66 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan model pembelajaran PjBL berbantu PPT interaktif dibandingkan dengan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Selain itu berdasarkan uji effect size diperoleh sebesar 1,06 yang berarti bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan model pembelajaran PjBL berbantu PPT interaktif memiliki pengaruh yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/493/FKIP-MAT/2025
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, PPT Interaktif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 14 Jun 2025 02:31
Last Modified: 14 Jun 2025 02:31
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item
View Item