PUTRA, IDA BAGUS KRISNA INDIRA (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY- INQUIRY BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI HINDU 3 BLAHBATUH. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
492.FKIP-MAT (2101842020015)-14-42.pdf - Other
Download (532kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
492.FKIP-MAT (2101842020015).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa meskipun Indonesia berhasil naik lima peringkat dalam literasi matematika dibandingkan dengan PISA 2018, skor matematika Indonesia justru mengalami penurunan, dari 379 menjadi 366, yang merupakan skor terendah sejak 2006. Salah satu faktor utama yang menyebabkan penurunan ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum mencapai pemahaman yang optimal terhadap konsep- konsep matematika. Berdasarkan observasi di SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh, pembelajaran matematika masih didominasi oleh metode ceramah dan pemberian latihan soal, sehingga kurang optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Akibatnya, hasil ulangan matematika siswa masih rendah, menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan belum optimal dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar penerapan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Populasi penelitian terdiri dari 152 siswa kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh. Uji homogenitas populasi dilakukan menggunakan uji ANAVA dengan bantuan Microsoft Excel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, yang menghasilkan dua kelas: kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel, yaitu 4,74 > 1,66 dengan taraf signifikan 5% sehingga H-o ditolak dan H-a diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz dibandingkan dengan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh. Selain itu berdasarkan uji effect size diperoleh sebesar 1,08 yang berarti bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz memiliki pengaruh yang sangat tinggi. Dianjurkan bagi pengajar mata pelajaran matematika untuk menerapkan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz. Model ini efektif mendukung proses pembelajaran, karena penggunaan teknologi seperti Quizizz dapat menarik minat dan memotivasi peserta didik untuk lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/492/FKIP-MAT/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Discovery-Inquiry, Hasil Belajar Siswa, Quizizz |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 02:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 02:15 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8617 |