ADELIA, DEWA AYU PUTU TYAS YULI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI RASIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
487.FKIP-MAT (2101842020003)-17-48.pdf - Other
Download (655kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
487.FKIP-MAT (2101842020003).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Materi rasio kelas VII SMP adalah konsep penting dalam matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kesulitan siswa mempelajari rasio sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar atau kesalahan dalam pembelajaran. Penerapan teknologi dalam media pembelajaran dan matematika menjadi satu kesatuan penting untuk meningkatkan hasil belajar dan memudahkan proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi rasio untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII yang valid, praktis, dan efektif. Metode penilitian yang digunakan yaitu R & D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini menggunakan teknik Sample Random Sampling untuk pengambilan kelas yang dijadikan sampel. Sampel penelitian adalah 12 siswa kelas VII E di SMP Negeri 14 Denpasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, lembar validasi, angket, dan tes objektif pilihan ganda untuk pretest dan posttest masing- masing sebanyak 20 soal. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa dan guru. Adapun data kualitatif adalah komentar dan saran dari ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase sebesar 91,12% sehingga media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan dari media pembelajaran ini dinyatakan sangat praktis dengan perolehan skor sebesar 86,5%. Hasil uji N-gain terhadap nilai Pre-test dan Post-test siswa meperoleh hasil N-gain score sebesar 0,71, sehingga media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 dapat dinyatakan cukup efektif. Dengan media ini, guru dapat mempermudah penjelasan konsep rasio yang meliputi perbandingan dan skala, sehingga siswa mengerti contoh penerapan materi yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/487/FKIP-MAT/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline 3, Development, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, Rasio |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 02:41 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8615 |