PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KANTOR SAMSAT GIANYAR

WAHYUNI, NI NYOMAN ENI (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KANTOR SAMSAT GIANYAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.4813.FEB-AK BAB I-II.pdf - Other

Download (238kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.4813.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepatuhan wajib pajak merupakan kesediaan wajib pajak untuk memenuhikewajiban perpajakannya sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa perludiadakannya pemeriksaan, investigasi seksama, peringatan ataupun ancaman danpenerapan sanksi baik hukum maupun administrasi. Kepatuhan wajib pajak sangatpenting karena Indonesia menganut Self Assessment System, yang memberikankepercayaan kepada wajib pajak untuk menghitung, membayar dan melaporkankewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruhkualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak dan program pemutihan pajakterhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan sosialisasi perpajakansebagai variabel moderasi.Populasi penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yangterdaftar di Kantor Samsat Gianyar pada tahun 2024. Sampel dalam penelitian inisebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin dengan metodeaccidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesisadalah moderated regression analysis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan pajak dankesadaran wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajakkendaraan bermotor sedangkan variabel program pemutihan pajak tidakberpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor SamsatGianyar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan tidakmampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak danprogram pemutihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor diKantor Samsat Gianyar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/4813/FEB-AK/2025
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak, program pemutihan pajak, sosialisasi perpajakan.
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Wajib Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: adhi satriawan
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:10
Last Modified: 02 Jun 2025 03:10
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8592

Actions (login required)

View Item
View Item