PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP HARGA DAN KUALITAS PANGAN SEGAR DI PASAR RAKYAT BADUNG

DASAM, YOSEFINA (2024) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP HARGA DAN KUALITAS PANGAN SEGAR DI PASAR RAKYAT BADUNG. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
412.FPB-AGB (2103542010026)-17-33.pdf - Other

Download (576kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
412.FPB-AGB (2103542010026).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul” Persepsi Konsumen Terhadap Harga Dan Kualitas Pangan Segar Di Pasar Rakyat Badung.”Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap harga pangan segar di Pasar Rakyat Badung, menganalisis persepsi konsumen terhadap kualitas pangan segar di Pasar Rakyat Badung. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2024. Lokasi penelitian di Pasar Rakyat Badung, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Pasar Rakyat Badung. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode insidental sampling, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data dengan jumlah responden sebanyak 70 responden yang merupakan konsumen. Analisis kuantitatif untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap harga pangan segar di Pasar Rakyat Badung. Sedangkan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap kualitas pangan segar di Pasar Rakyat Badung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Dan analisis datanya dilakukan dengan pendekatan skala Likert untuk menilai persepsi konsumen berdasarkan indikator harga (keterjangkauan harga, harga saat hari raya, dan harga pada saat tidak hari raya) serta kualitas pangan (kesegaran, kebersihan, kemasan, dan penyajian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap harga pangan segar di Pasar Rakyat Badung tergolong baik dengan nilai persentase 72,93%. Persepsi terhadap kualitas pangan segar juga berada pada kategori baik dengan nilai persentase 72,84%. Penelitian ini penting karena memberikan gambaran tentang bagaimana harga dan kualitas pangan segar di Pasar Rakyat Badung memengaruhi minat konsumen dalam berbelanja atau tidak.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/412/FPB-AGB/2024
Uncontrolled Keywords: persepsi, pasar, harga, pangan, kualitas
Subjects: F. PERTANIAN DAN BISNIS > Agricultural Industries
Divisions: Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 28 May 2025 04:19
Last Modified: 28 May 2025 04:19
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item
View Item