BAURAN PEMASARAN PADA TOKO TANI POTME FARM DI BALI

DARU, ERCEANUS (2024) BAURAN PEMASARAN PADA TOKO TANI POTME FARM DI BALI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
409.FPB-AGB (2103542010007)-18-45.pdf - Other

Download (193kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
409.FPB-AGB (2103542010007).pdf - Other

Download (683kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bauran Pemasaran Pada Toko Tani Potme Farm di Bali”. Toko Tani Potme Farm merupakan salah satu usaha yang fokus pada peneyediaan produk pertanian. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk meningkatkan ketahanan pangan, Toko Tani Potme Farm berusaha memanfaatkan peluang ini melalui strategi pemasaran yang efektif. Bauran pemasaran atau markteing mix menjadi kunci dalam mengoptimalkan daya saing dan menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran dan margin pemasaran dari setiap produk yang dijual di Toko Tani Potme Farm di Bali, yang terdiri dari UD. Tunas Inti Agri Makmur, CV. Agro Prima Jaya, dan Karya Mandiri. Penelitian ini dilakasanakan di Kecamatan Mengwi, Kecamatan Denpasar Utara dan Kecamatan Denpasar Selatan. Metode analaisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Fokusnya adalah bagaimana bauran pemasaran produk pertanian meliputi produk, harga, tempat, promosi, dan margin pemasaran yang diterapkan di setiap toko untuk mencapai daya saing di pasar yang kompetitif. Produk yang dipasarkan meliputi sarana pembibitan (polybag, tray semai, pot dan tanah subur) dan untuk sarana produksi (berbagai jenis pupuk, pestisida, dan benih). Strategi penetapan harga jual bervariasi berdasarkan satuan produk, spesifikasi produk, dan berdasarkan harga pasar. sedangkan pemilihan lokasi toko yang strategis bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan daya tarik konsumen. Toko Tani Potme Farm juga melakukan promosi penjualan melalui media interaktif dilakukan dengan cara pemasaran secara online untuk memperluas jangkauan pasar dan menarik minat konsumen, media yang digunakan adalah media sosial Facebook dan Instagram.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/409/FPB-AGB/2024
Uncontrolled Keywords: Prouduk Pertanian, Bauran Pemasaran, Margin Pemasaran
Subjects: F. PERTANIAN DAN BISNIS > Saluran Pemasaran
Divisions: Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 28 May 2025 03:31
Last Modified: 28 May 2025 03:31
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8567

Actions (login required)

View Item
View Item