PENGARUH TARIF EFEKTIF RATA-RATA, SOSIALISASI, TINGKAT PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN KEPADA OTORITAS PAJAK DAN AKUNTABILITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA BADUNG UTARA

ADNYANA, KETUT KARMA MAHA WIRA (2025) PENGARUH TARIF EFEKTIF RATA-RATA, SOSIALISASI, TINGKAT PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN KEPADA OTORITAS PAJAK DAN AKUNTABILITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA BADUNG UTARA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
4848.FEB-AK (2102622010065)-15-50.pdf - Other

Download (580kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
4848.FEB-AK (2102622010065).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan internal terbesar dalam APBN, sehingga kepatuhan wajib pajak menjadi tantangan utama bagi Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tarif efektif rata-rata, sosialisasi, tingkat pengetahuan, kepercayaan kepada otoritas pajak dan akuntabilitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan WPOP. Populasi dalam penelitian ini adalah 45.812 WPOP yang terdaftar di KPP Pratama Badung Utara. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan metode accidental sampling dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari KPP Pratama Badung Utara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Kelayakan Model. Hasil penelitian menunjukkan tarif efektif rata-rata berpengaruh negatif terhadap kepatuhan WPOP di KPP Pratama Badung Utara dan untuk tingkat pengetahuan, kepercayaan pada otoritas pajak dan akuntabilitas pelayanan pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan WPOP di KPP Pratama Badung Utara. Sosialisasi menyatakan bahwa tidak berpengaruh terhadap kepatuhan WPOP di KPP Pratama Badung Utara. Adapun saran dalam penelitian ini dengan memperluas wilayah objek penelitian yang berada di bali dan menambah atau menggunakan variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak seperti kesadaran wajib pajak, sistem administrasi modern dan Love of Money.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/4848/FEB-AK/2025
Uncontrolled Keywords: Tarif efektif rata-rata, sosialisasi, tingkat pengetahuan, kepercayaan kepada otoritas pajak, akuntabilitas layanan pajak
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 21 May 2025 02:31
Last Modified: 21 May 2025 02:31
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item
View Item